Bekal yang perlu kamu pakai agar memudahkan kamu dalam menjalani dan mengarungi belantara masa Muda yang membahana untuk Hari Tua yang bahagia

Bekal masa muda
http://revelwallpaper.net


Masa muda adalah masa paling menyenangkan dan menggairahkan buat kamu yang sekarang lagi muda, perasaan dan angan lagi melambung-lambungnya apalagi yang sedang kesemsem sama lawan jenis, segala pikiran pasti deh..tercurah ke si Dia.
Boleh-boleh saja sih kamu mikirin si Dia siang malam hanya saja jangan sampai kamu kebablasan memikirkannya. Iya kalau dia juga sama-sama respon kalau tidak bisa berabe kamu…bisa kurus kering memikirkan si dia padahal belum tentu si dia memikirkan kamu, jadi please jangan terlalu kamu habiskan masa muda hanya untuk memikirkan si Dia, masih buanyakk hal hal penting yang harus kamu punya sebagai bekal mumpung belum tua.
Ini..ni antara lain biar kamu sukses setelah nantinya jadi orang tua.


Modal Agama yang Kuat untuk membentengi diri dari dasyatnya pengaruh pergaulan masa kini yang menjerumuskan



Bila pondasi Agama kuat berarti iman kamu jadi kuat ya kan, kamu jalani masa muda dengan pagar-pagar yang bisa kamu pilah-pilah apakah ini menerjang larangan Agama, kepatutan di Masyarakat, lingkungan dan hukum-hukum dunia sehingga kamu bisa tidak terbentur masalah yang bikin kamu putus asa bahkan hampir-hampir tak terpecahkan sehingga banyak kasus-kasus criminal yang muncul yang akibatnya ya orang tua, saudara kerabat lingkungan kena getah dari perbuatan yang melanggar norma sehingga si pelaku jadi kena kasus
Kamu tahu sendirikan bahwa kasus-kasus criminal muncul salah satu sebabnya karena pondasi agama yang lemah yang mengakibatkan gesekan terhadap orang lain, dan yang lebih susah sampai berurusan dengan aparat.
Untuk contoh sudah banyak berseliweran di media masa, di TV dan lingkungan sekitar dan macam-macam kasus seperti : Narkoba, perkosaan, pembunuhan dan seabrek kejahatan-kejahatan yang lainnya.
Untuk itu bisa dicoba tip-tip berikut agar pondasi agama kuat dan itu perlu dukungan beberapa unsur yang saling terkait agar kamu bisa tercipta sebagai kawula muda yang membanggakan keluarga.

1. Peranan orang tua


Peranan orang tua menjadi sangat vital dalam hal ini karena orang tua yang perhatian terhadap tumbuh kembangnya anak dan kasih sayang dalam membimbing si Anak muda mulai dari lahir sampai Si Anak tumbuh dewasa ( sampai Nikah ) Sangat diperlukan. Banyak anak yang jadi berantakan sebelum dewasa karena kesalahan orang tua yang lalai hanya memberi uang-uang agar si anak tidak bikin report urusan orang tua yang sibuk urus kerjaan dan bisnisnya sehingga saat timbul masalah barulah orang tua menyesal atas kejadian yang menimpa si Anak baru gede.

2. Peranan Pembimbing  / Ahli Agama


Bagaimana si Anak bisa jadi Anak muda jempolan bila si orang tua abai terhadap pendidikan Agama si ABG yang perlu mengisi waktu dengan mengaji dan mempelajari Agama agar tahu :
Perintah dan larangan Agama yang dianut
Halal haram Rejeki yang di dapat
Suci dan Najis pakaian saat digunakan sembahyang
Dosa dan pahala atas semua perbuatan yang dikerjakan

3. Ahli Pendidik di Sekolah


Sekolah tempat kamu mencari ilmu dunia setinggi langit dari TK, SD, SMP, SMA, PT, Pasca Sarjana juga sangatlah penting :
biar anak cerdas kalau orang tua tidak punya biaya maka jadi penghalang yang berat untuk kelangsungan pendidikan anak.
Biar orang tua kaya raya tapi anak tidak punya kemauan dan tidak pintar juga jadi penghalang akan keberlangsungan pendidikan anak.

Kompak dan Rukun

Punya akhlak yang Baik akan memudahkan dan menangkal kamu dari keburukan orang lain.



Manusia dicipta bagai kertas putih maka untuk menjadi putih selamanya adalah hal mustahil karena kekurangan manusia sangat-sangat banyak. Coba siapa yang bisa nebak apa yang terjadi dibalik dinding rumah kamu..itu contoh sepele saja maka kamu tidak akan tahu ternyata dibalik dinding rumah kamu bisa terjadi segala kemungkinan yang ada.

Akhlak yang baik dipastikan hal-hal berikut akan mengikuti kamu dalam langkah mengarungi hidup ini yang kamu tidak tahu dihadapan kamu ada apa dan bagaimana kamu akan menghadapinya maka hal-hal ini perlu kamu pegang :

1. Menjaga kejujuran


Sekarang sedikit orang jujur bahkan kejujuran bangsa kita diragukan bangsa lain karena banyaknya kasus korupsi diperlihatkan didepan mata kita oleh para pemegang amanat rakyat tapi mau apa lagi itulah kenyataan yang terbentang dihadapan kita.
Saya dapat cerita orang kita sewaktu berkunjung ke Jepang mengetes kejujuran orang Jepang pura pura meletakkan dompet di kamar mandi e..ternyata sampai 3 hari itu dompet nggak pindah tangan coba kalau kamu berani mengetes di tempat kita boro-boro ngetes yang di dompet saja bisa lenyap tak berbekas he..he.. alias kena copet.

2. Menjaga Amanah ( menyampaikan )


Yang namanya amanat adalah dititpi kepercayaan misal si A dijadikan pak Bupati yang beri amanat rakyat di Kabupaten tersebut yang dapat diamanat dia untuk ngebangun daerahnya dengan duit rakyat ya digunakan untuk membangun daerahnya bener-bener.

3. Kerja sama yang baik.


Setiap kamu punya kerja sama dengan orang lain baik itu saat sekolah atau sudah kerja atau joint bisnis semua harus sesuai dengan kesepakatan yang diomongkan dan atau ditandangani kedua belah pihak, jangan sampai uang sudah dipegang bisnis mandek dengan alasan gagal padahal diam-diam bisnis jalan maka disitulah awal mula ambruknya kepercayaan yang diembankan sama kamu.

4. Menjaga kerukunan.


Tanpa adanya kerukunan, bangsa kita atau kawan kita akan segera berpisah dan tercerai berai, semua perbedaan kalau sudah rukun enak dirembug dan pasti ada titik temu, lain lagi kalau tidak rukun lihat di medsos-medsos gaya saling hujat marak dikarenakan kerukunan bangsa kita mulai luntur.
Agar rukun terpelihara ya bila berkata yang baik, jangan suka menyinggung sana sini, rasan-rasan dan hal hal lainya ibarat mencari kawan satu susah, mencari musuh seribu mudah.

5. Menjaga kekompakan.


Kekompakan didalam tim sangat diperlukan bisa diambil contoh tim yang kompak dipastikan sukses didalam menggapai cita-cita lihat seperti Samsung bisa bikin smartphone kalau tidak kompak salah satu tim atau memboikot tim yang lain maka gagallah tercipta sebuah smartphone Samsung.

6. Selalu menerapkan Irit atau efisien ( tidak boros )


Semua pengeluaran kalau tidak mendesak ya jangan kamu belanjakan orang masih punya yang lama dan masih baik untuk apa to beli yang baru pakai ngutang lagi he..he…nyindir nih.
Yang namanya hemat tidak harus pelit beda lo irit sama pelit kalau pelit tidak mau bersedekah males berbagi rejeki padahal orang yang suka berbagi rejeki malah bertambah rejekinya, nggak percaya Tanya sama ahli..ahli..yang membahas rejeki.

Mandiri ( tidak bergantung kehidupan sama orang lain ) sehingga kamu menjadi orang yang dihormati.

Kalau bahasa jawanya “iso mentas” tidak bergantung rejeki sama orang lain contohnya yang tidak bisa mandiri : menjadi pengemis / tukang  minta-minta mencari enaknya la nggak enak gimana ini contoh hitungan pendapatan pengemis : 
Lampu lalu lintas berubah tiap 60 detik untuk merah/hijau kalau tiap 60 detik dapat 2000 berarti 1 jam = 60 menit  = 3.600 detik jadi :
1 jam     : 2000 x 3.600 detik/60 detik = 2000 x 60 = 120.000
1 hari     : 24 jam anggap kerjanya 9 jam kerja berarti 9 x 120.000 = 1.080.000
1 bulan  : 30 hari anggap kerja 26 hari x 1.080.000 = 28.080.000
Ijazah : tidak perlu,
Modal : nekat dan ndablek.
Pegawai Negeri  1 bulan 4 juta s/d 8 juta kalau ada THR atau gaji ke 13 he…he..
Ijazah minimal : SMA s/d S2 bahkan S3 ditempuh hampir 18 thn atau lebih
Modal nggak kehitung lagi saking banyaknya.
Jadi nggak perlu lah kamu amal pada mereka amal masih banyak di anak yatim, panti jompo walau modalnya kamu harus mendatangi tempatnya itu saja bedanya.
Untuk bisa mandiri memang di upayakan lebih paling tidak perlu :
Kursus diluar sekolah untuk punya ketrampilan tambahan seperti di kursus computer, perbengkelan, bahasa asing dll

Sambil kuliah sambil kerja sampingan resiko kuliah jadi molor waktu bahkan bisa ngga mau nerusin udah aras-arasen ternyata enak cari duit.

Cari modal untuk coba-coba wiraswasta bisa sukses atau gagal, bila gagal modal melayang tinggal cari nyaurin hutangan, ini ni  yang bikin keki untuk mencoba lagi alias kena sindrom trauma usaha.
Tetapi yang paling penting usaha dan usaha sambil do’a karena rejeki sudah ada takarannya masing-masing semua orang hampir 7 milyar manusia didunia nyatanya bisa hidup entah gimana caranya Tuhan lah yang mengatur jadi kemandirian bisa dicari dengan otak dan ketrampilan serta usaha. Otak dengan sekolah dulu sampai selesai Fokus baru cari kerja. Atau nyambi kuliah dan kerja atau SMA langsung cari usaha semua terserah kamu-kamu asal jangan menggantungkan sama orang lain.

Jangan mudah putus asa didalam menghadapi semua cobaan dan rintangan semua ada jalan keluarnya.



Ini…penyakit yang sangat mengkawatirkan bagi anak muda yang masih labil, jadi seandainya kamu terbentur masalah yang rumit dan pelik maka cepat-cepat konsultasikan sama orang yang paling kamu percaya entah orang tua kamu, kerabat kamu atau siapapun yang kamu percaya agar masalah cepat teratasi.

Banyak kasus karena haya dipendam sendiri dan tidak ada jalan keluar atau karena kamu orang yang tertutup atau malu sehingga masuk ke tahap stress dan bila kamu biarkan berlarut-larut akan sangat membahayakan jiwa kamu dan kalau tahap berikutnya tidak tahan akhirnya bisa ke sakit jiwa atau ke bunuh diri.
Jadi setiap kasus setiap orang punya cara sendiri sendiri agar permasalahan bisa diatasi secepat mungkin.

Jalani didalam menggapai cita-cita setinggi cakrawala dengan serius tapi santai.


Orang hidup apalagi masih muda yah..kebiasaan anak muda sepertinya sudah penyakit umum yaitu malas segalanya, malas ngebantu orang tua, malas belajar maunya apa-apa disiapkan tapi hal ini sangat merugikan kamu, kalau kamu pelihara sampai dewasa yang pontang panting pasanganmu nantinya juga kamu akan menyesal bila sudah punya pasangan pasti nanti kamu omong walau dibatin “ seandainya aku dulu rajin belajar aku bisa memilih kuliah yang aku senangi dan tinggal pilih mau di jurusan apa atau kerja yang aku senangi tinggal nunggu panggilan dan masuk yang paling cocok dengan karakterku". Yah..penyesalan memang datang terlambat. 

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk entry artikel di Blog Cinta, Pria dan Wanita