Mahasiswa Unikom Pencipta Robot Penembak Jitu

Mahasiswa Unikom Pencipta Robot Penembak Jitu

Mahasiswa Unikom Pencipta Robot Penembak Jitu
Kita patut berbangga dengan Anak Bangsa yang satu ini, dari kreatifitasnya yang originil dia berhasil membuat robot yang bisa menembak sasaran bergerak dengan jitu. Selengkapnya bisa anda baca uruaian dibawah ini.
Pernah melihat film Terminator, ketika dunia sudah dikendalikan oleh robot termasuk pertahanan dan kemanan negara. Sepertinya itu tidak akan lagi hanya sebuah ilusi dalam film semata, pasalnya, mahasiswa Universitas Komputer (Unikom) Bandung berhasil menciptakan robot penembak otomatis sebagai pertahanan negara.
Adalah Muhammad Yazid Alqahar,20, mahasiswa Tekhnik Informarika Unikom 2010 ini berhasil membuat robot penembak otomatis, dengan akurasi hingga 90 persen robot ini pun berhasil menjadi juara satu dan meraih medali emas dalam ajang Indonesia ICT Award(Inaicta) 2012, pada 15 September mendatang dalam aktegori Applicative Robot – Perguruan Tinggi dan Publik.
“Saya terpikir membuat robot penembak ini setelah melihat aksi teroris yang menyerang kantor polisi di Solo hingga jatuh korban, saya kemudian terpikir untuk membuat robot untuk pertahanan sebagai antisipasi penanggulangan jumlah korban jiwa,” tuturnya yang ditemui di ruang Divisi Robotika, Unikom, Jalan Dipatiukur, kemarin(8/10).
Dari ide tersebut kemudian pria kelahiran Riau tersebut mulai mengembangkanan programnya itu, dengan kemampuan yang dimilikinya ia akhirnya berhasil membuat robot penembak otomatis. Bahkan robot ini bisa menambak sasaran secara otomatis dengan hanya menditeksi keberadaan musuh atau tujuan sasarannya tanpa harus dioperasikan oleh manusia.
Mahasiswa semester lima ini mengaku untuk membuat robot otomatis tersebut ia memerlukan waktu empat bulan, “Paling lama pengerjaanya di program penditeksian target karena banyak algoritma didalamnya dan harus merepleksikan dari gambar bisa jd ke target,” tuturnya.
Sebetulnya dikatakan Yazid robot tersebut pun pernah menjadi juara di ajang Robo Games, Amerika Serikat April 2012 lalu untuk kategori Sotting Gallery, sebagai robot tercepat penambak dan terakurasi. Dan diajang Inaicta ini, robot penembak otomatis tersebut kembali menjadi juara setelah berhasil dikembangkan oleh Yazid karena bukan hanya mampu menembak targetnya dengan cepat dan akurat, namun robot ini bisa berputar hingga 145 derajat dan menambak benda bergerak.
“Jadi saya menambahkan program mampu menembak target yang bergerak dimanapun.
Sehingga selain berfungsi sebagai penembak jitu, robot penembak ini pun berfungsi sebagai penangkal rudal. Jadi ketika ada rudal atau ancaman datang maka robot ini akan langsung menembak ke rudal itu. Jadi bisa dibayangkan ketika tidak ada lagi korban penembakan karena tidak ada manusia dibalik senjata ini,” katanya.
Dalam robot penambak otomatis tersebut, Yazid menggunakan satu kamera webcam sebagai salah satu alat sensor robot untuk kemudian mengirimkan gambar target dan sasaran dan melakukan penmbakan. Selain itu ada satu laser untuk menunjukan jika senjata tersebut sudah tepat sasara. “Untuk senjata saya masih menggunakan air off guns namun untuk jenis senjata bisa kita modifikasi dengan jenis senjata apapun, termasuk senjata seperti AK 47, termasuk untuk ke elastisan bergerak dibisa saja bergerak hingga 360 derajat, tergantung mobil penggerak yang kita simpan diantaranya. Untuk saat ini saya memang masih menggunakan yang bisa berputar 145 derajat. Bahkan bisa akurasi hingga 100 persen jika memang program nya bisa sesuai,” akunya.
Dengan berat sekitar 3 kilogram, senjata ini dikatakan Yazid mampu menembak sasaran dengan tepat hingga 90 persen, “Dalam Inaicta diuji harus mampu menembak 20 target dalam 20 detik termasuk sasaran bergerak, ia pun berhasil melakukannya,” katanya yang mengkalim jika robot penembak otomatis tersebut merupakan yang pertama di Indonesia.
Dengan biaya pembuatan sekitar 10 juta rupiah, robot penambak otomatis ini bisa menembak dengan kecepatannya 300 kaki perdetik dengan jarak 2 sampai 3 meter. “Namun ini bisa ditingkatkan lagi baik kecepatannya ataupun jarak tembaknya tergantung program komputernya,” papar anak bungsu dari tiga bersaudara ini.
Ia pun berharap jika senjata tersebut betul-betul bisa diaplikasin oleh Indonesia, khusunya dalam pertahanan Indonesia. (*)
Sekian Mengenai : Mahasiswa Unikom Pencipta Robot Penembak Jitu
Sumber : http://radarsukabumi.com

2 komentar:

  1. mantap robotnya....
    share: Inves dengan profit 3% perhari...nyata terbukti di www.avo-yogya.blogspot.com

    BalasHapus
  2. MAMPIR.....share pengalaman dapat uang jajan tiap hari.....modal utuh. Cocok tuk Pelajar/mahasiswa

    BalasHapus

Silahkan berkomentar untuk entry artikel di Blog Cinta, Pria dan Wanita