Cara membangun Personal Branding

Cara membangun Personal Branding

Cara membangun Personal Branding

Dalam bisnis Online istilah Personal Branding atau Nama Baik adalah harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar dikarena kelemahan bisnis online adalah pembeli tidak tahu dan tidak mengenal dekat dengan anda demikian juga dengan produk yang anda tawarkan . Apakah anda termasuk orang yang dapat dipercaya atau tidak di bisnis online, semua tergantung pada produk atau apapun yang anda tawarkan apakah memang sesuai dengan yang anda tawarkan . Maka agar produk bisnis online anda dipercaya orang atau pengunjung syarat utama adalah membangun Personal Branding

Apa itu Personal Branding?
Personal Branding adalah pencitraan terhadap diri seseorang yang dibangun oleh orang yang bersangkutan dan diapresiasi oleh orang sekitarnya. Mungkin dalam bahasa yang sederhana Personal Branding dapat diartikan sebagai "Nama Baik".

Pentingnya membangun Personal Branding
Dengan membangun Personal Branding, seseorang akan lebih cepat mendapat kepercayaan. Misalnya saja, Bisnis online yang ditawarkan lewat iklan di detik.com dengan iklan yang ditawarkan oleh blog baru. Tentunya kita akan lebih memilih iklan yang ditawarkan lewat detik.com karena nama baik detik.com sudah dikenal baik dimata konsumen.

Kenapa anda perlu membangun Personal Branding?

Saya juga sempat terbersit pertanyaan, kenapa saya perlu membangun Personal Branding? Kenyataannya, setiap orang memang harus membangun yang namanya Personal Branding ini. Entah itu tukang becak, presiden, blogger, atau pun pegawai. Hal ini, supaya orang bisa dengan mudah memberi kita kepercayaan. Contoh ada 2 sopir taxi yang satu langganan kita sedang yang lainnya belum kita kenal, secara otomatis kita lebih memilih menggunakan jasa sopir taxi langganan kita karena kita sudah kenal dan percaya sama dia

 

Apa saja yang diperlukan agar Personal Branding yang kita bangun cepat mendapat tempat di Bisnbis Online.


Gunakan Single Identity
Single Identity yang dimaksud adalah tanda pengenal diri kita. Entah itu KTP, Kartu Nama, Papan Nama, Foto dan lain-lain. Single Identity berarti menggunakan identitas yang sama kapanpun dan dimanapun kita berada sehingga orang lebih cepat menghafal dan mengenali diri kita.

Perlu Waktu

Membangun Nama Baik di bisnis online tidak serta merta tetapi memerlukan waktu dan kepercayaan atas produk yang kita tawarkan. Pembeli akan menilai dan membuktikan apakah produk kita memang lain dari pada yang lain atau memang bisa dibuktikan. Bila ternyata produk kita bagus pembeli akan bercerita dari mulut ke mulut bisa lewat social media seperti fb atau twetter atau milis dan lain sebagainya.


Jadilah Pribadi yang Unik

Di antara semuanya, mungkin inilah yang paling penting, menjadi pribadi yang unik. Unik yang dimaksud di sini adalah menarik dan berbeda dari yang lain. Carilah pembeda antara diri anda dan diri orang lain. Biasanya hal ini susah dibentuk, untuk itu jadilah diri sendiri. Tonjolkan apa yang anda punya dan orang lain tidak punya. Sehingga diri kita pun bisa terlihat unik atau berbeda atau istimewa di bisnis online.

Berhenti berbuat perbuatan yang dapat merusak image anda.

Ada istilah panas setahun dihapus oleh hujan sehari, apalagi di bisnis online yang sudah kita bangun dengan susah payah dan memerlukan pengetahuan yang tidak sedikit agar bisa eksis dibisnis online tapi tiba-tiba anda rusak sendiri dengan ketidak jujuran atau perbuatan curang atau menipu dan sejenisnya.

Dominankan kebaikan anda
Setalah itu, perbanyaklah berbuat baik. Buatlah sampai mereka menganggap kebaikan anda lebih dominan daripada keburukan anda. Maka, tonjolkanlah kelebihan anda tetapi jangan berlebihan karena bisa dikira ‘sombong’. Jika mereka masih meledek anda, tetaplah melakukan kebaikan.Berprinsiplah “biarlah mereka meledekku, yang penting aku tidak melakukan perbuatan itu lagi”

Percaya diri
Jika mereka semua telah melabeli anda dengan yang baik. Sekarang anda tinggal mempertahankannya saja atau buat lebih baik lagi. Yaitu dengan cara percaya diri. Jika anda tidak percaya diri, maka anda akan merasa dikucilkan dan kembali berbuat buruk lagi.
Hmm.. Mungkin itu lah cara mengubah image kita. Sampai disini, kayaknya inti dari keberhasilan adalah kebaikan yaa? Hmm kalo begitu lebih baik kita terus berbuat kebaikan karena selain disayang Tuhan, anda juga akan dibaikan oleh orang yang anda baiki. Dan, marilah kita membangun kebiasaan baik. Karena orang yang kebiasaannya baik, rezekinya juga baik.

Pelayanan yang baik
Dalam bisnis online melayani calon pembeli adalah hal yang sangat penting. Jangan sampai setelah terjadi transaksi penjual produk terus ogah-ogahan melayani pertanyaan, complain dan keluhan atau apapun pertanyaan yang muncul sehubungan dengan produk yang ditawarkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk entry artikel di Blog Cinta, Pria dan Wanita