Cara merawat rambut

Cara merawat rambut
Cara merawat rambut
Punya rambuat yang lebat, hitam dan berkilau menjadi dambaan semua orang, terutama kaum hawa yang sangat menjaga penampilan.
Rambut yang lembut, tergerai indah wangi semerbak apalagi orang yang berpapasan bisa merasakan semerbak wanginya rambut yang indah pasti akan sangat membaggakan dan menyenangkan yang empunya rambut.
Apalagi orang-orang  pada berbisik “ Waduh cantiknya gadis Sunsilk yang barusan lewat” pasti deh semua cewek ingin bisa punya rambut seperti si Gadis Sunslik itu.
Rambut itu ibarat mahkota bagi wanita. Setiap wanita pasti ingin mempunyai rambut yang indah. Namun bila perawatan sampai salah malah bisa mengakibatkan kerusakan rambut. Berbagai masalah rambut seperti ketombe, rambut rontok, rambut kaku, rambut kusut, rambut bercabang, serta beberapa masalah rambut lainnya bisa diatasi dengan cara merawat rambut yang benar.

Maka diperlukan pengetahuan bagi seseorang, apakah jenis rambutnya lebat, kering, rontok atau yang lainnya sehingga bisa dirawat sesuai kondisi rambutnya. Demikian juga penggunaan sampho atau conditioner yang cocok untuk jenis rambut bersangkutan.

Berikut ini adalah beberapa tips cara merawat rambut yang benar berdasarkan jenis rambut kita :

1. Rambut berminyak
Gunakan shampoo dan conditioner yang ringan. Jangan menyisir rambut terlalu sering. Jangan pula memegang rambut terlalu sering karena akan membuat rambut jadi mudah kotor. Jenis sisir yang kita gunakan adalah sisir dengan gigi yang jarang. Hindari penggunaan sisir yang rapat ataupun sisir yang berbentuk sikat.

2. Rambut kering dan rusak
Gunakan conditioner yang mengandung pelembab. Hindari proses pewarnaan dan pengeritingan. Pada saat keramas, pijat dan gosok kulit kepala dengan lembut

3. Rambut kombinasi (kulit kepala berminyak tetapi kondisi ujung rambut kering)
Gunakan shampoo hanya kulit kepala dan conditioner hanya pada ujung rambut. Untuk menghindari ujung rambut bercabang, lakukan pengguntingan ujung rambut setiap 6 minggu. Selain itu, gunakan sisir bergigi jarang dan hindari sisir yang berbentuk sikat.

4. Rambut rontok
hindari menyisir terlalu keras serta jangan terlalu sering mencuci rambut

5. Rambut dengan ketombe
Gunakan shampoo anti ketombe yang dirasa paling cocok untuk anda sesering mungkin dan segera hentikan saat ketombe mulai berkurang atau hilang . Hindari menggaruk kulit kepala untuk mencegah infeksi. Segera konsultasi ke dokter apabila setelah pemakaian shampoo anti ketombe dalam 2 minggu tidak ada perubahan atau bahkan kulit kepala malah terasa sakit, gatal,atau meradang karena alergi terhadap penggunaan sampho anti ketomber tersebut.

Bisa juga anda coba dengan cara tradisional orang-orang jaman dulu yaitu dengan membakar jerami padi sampai hangus, kemudian diberi air secukupnya kemudian basuhkan keseluruh rambut bila dirasa sudah cukup bilas dengan air bersih maka rambutpun akan menjadi hitam berkilau.

Selain melakukan perawat sesuai degan jenis rambut seperti diatas, kita juga harus menjaga asupan gizi makanan yang kita konsumsi.
Sekian mengenai : Cara merawat rambut, semoga bermanfaat.
Sumber.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk entry artikel di Blog Cinta, Pria dan Wanita