Cara meningkatkan Kecerdasan Anak

Cara meningkatkan Kecerdasan Anak
Cara meningkatkan Kecerdasan Anak
Semua orang tua dipastikan mendambakan punya anak-anak yang cerdas sehingga tidak menjadi beban bagi kedua orang tuanya dikemudian hari. Anak cerdas akan selalu menunjukkan prestasi yang tinggi di sekolah dan lingkungannya. Anak cerdas dicirikan mudah menangkap pada hal-hal yang baru dan bisa mengembangkan kemampuannya, sehingga dia jago berkompetisi baik pelajaran atau kegiatan ektra kulikuler dan dalam kehidupannya kelak.

Kesuksesan tidak akan jauh-jauh dari anak-anak yang cerdas dan cita-citanya akan lebih mudah digapai dari pada anak-anak yang biasa.
Tapi kadang orang tua terutama ibu-ibu tidak tahu apa yang mesti dilakukan agar anaknya bisa punya otak yang cerdas.
Dibawah ini beberapa tips / usaha agar anak-anak kita bisa jadi cerdas nantinya.

Diperdengarkan musik dan mendengarkan.
Rahasia mensetting kecerdasan anak sejak berada dikandungan, sehingga ibu memperlakukan anak didalam kandungan dengan cara mengajak dialog dan memperdengarkan music yang menggugah emosi anak, ibu harus sering mendendang dan bernyanyi atau membaca Quran secara rutin dengan menganggap anak yang dikandung sudah merespon dengan apa yang kita perdengarkan sehingga ibu tidak pasif dengan si anak, tetapi sudah menganggap anak sudah dapat diajak dialog.
Ibu juga sering berhitung atau membaca dan mengerjakan soal matematika sehingga anak akan ikut mersespon dengan apa yang dilakukan si ibu.
Hal ini dimaksudkan agar anaknya start lebih dulu dari anak-anak lain dalam kandungan dibanding bayi-bayi lain yang ibunya pasif, sehingga anak yang selalu direspon oleh ibunya akan terbentuk otak yang secara tidak langsung menyusun syaraf-syaraf otaknya menyesuaikan rangsangan dari luar.
Juga sering mengenalkan anak dalam kandungan nama benda dan ciri-cirinya atau bila bepergian menyebut arah atau nama jalan atau apa saja dengan si anak. Ini lo nak ibu lagi dipasar dll, sehingga seolah anak sudah lahir didunia cara memperlakukannya.
Syarat diatas harus rutin dilakukan sejak awal kehamilan sampai bayi lahir.

Ibu mengunsumsi makanan khusus
Selama hamil ibu diharuskan makanan khusus seperti kacang-kacangan, susu dan kurma. Karena ketiga makanan ini punya andil besar dalam menyusun pembetukan otak sianak dalam kandungan. Juga ibu dianjurkan mengkonsumsi roti, ikan dan daging. Untuk ikan sebaiknya bagian kepala jangan dimakan karena kurang baik untuk pertumbuhan otak janin. Juga ibu diharuskan minum pil minyak ikan.

Buah-buahan
Ibu-ibu selama hamil diharuskan mengonsumsi buah-buahan secara rutin tiap hari selama kehamilan. Cara mengunsumsi juga harus buah-buahan dulu, walau kebanyakan kita menganggap buah-buahan sebagai pencuci mulut dan makanan penutup, maka cara itu sudah harus ibu-ibu tinggalkan karena buah-buahan kita anggap sebagai sumber gizi dan kekuatan pembentuk otak janin bukan sekedar makanan penutup setelah makan nasi.

Menjauhi Asap Rokok
Rokok mengandung racun yang disebut nikotin yang bisa merusak otak janin demikian juga minuman keras maka selama hamil ibu-ibu diharuskan meninggalkan itu semua. Juga jangan dekat-dekat orang yang merokok karena anda akan menjadi perokok pasif yang akan terhirup kepembuluh darah dan meracuni tubuh juga janin anda.

Memperkenalkan semua saudara, orang  dan nama benda-benda pada anak yang baru lahir
Hal ini dari pengalaman orang yang pernah cerita sama saya anaknya kok selalu juara dan berhasil sukses sewaktu sekolah, katanya caranya waktu lahir dia menceritakan semua entah nama ayahnya , nama ibunya dan menunjukan benda-benda dan namanya didepan matanya si anak yang beru lahir, ini lo nak bapakmu yang bernama P.Kliwon ( misalnya ).

Sewaktu mengajak jalan-jalan diperkenalkan nama jalan, sampai dimana, berapa jauh perjalannya dll.
Ini juga pengalaman kawan saya dia iseng-iseng cerita bahwa anaknya mudah hapal jalan dan tidak gampang bingung dengan arah atau lingkungan baru dan cepat menyesuaikan diri. Caranya katanya  selalu merngajak jalan-jalan anaknya dengan motor keliling kota tiap sore pada anaknya yang balita dan bercerita bahwa ini namanya jalan A, itu dekat swalayan ada pasar dll sehingga anak sudah dilatih mengingat apa-apa sewaktu dijalan.

Diajari renang sejak bayi.
Hal ini saya lihat di TV bahwa kebiasaan orang Eropa sudah mengajari renang pada anak sejak anak umur 1 atau 2 tahun, memang ini belum terbiasa dengan kita di Indonesia, tapi katanya sangat baik untuk membuat respon anak dan kecerdasan anak .

Demikian tips-tips agar anak anda nantinya bisa cerdas dengan cara kita latih sejak dari kandungan.
Bukannya kita simpati dengan Yahudi tapi kita curi cara mereka menjadi cerdas dan itu yang harus kita tiru agar bangsa Indonesia bisa berdiri tegak dan dipandang terhormat oleh Bangsa-bangsa lain karena kita bisa menyulap generasi akan datang menjadi generasi yang punya kecerdasan mengalahkan Bangsa Yahudi atau bangsa cerdas lainya seperti Eropa/Amerika, Jepang serta China .

Sumber : Buku Menguak Rahasia Cara Belajar Orang Yahudi oleh Abdul Waid.
Sekian mengenai :
Cara meningkatkan Kecerdasan Anak.
Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Silahkan berkomentar untuk entry artikel di Blog Cinta, Pria dan Wanita