Cara keluar dari Sandbox Google

Cara keluar dari Sandbox Google

Cara keluar dari Sandbox Google
Situs baru paling rentan terhadap yang namanya sandbox nya google. Buat yang belum mengerti Sandbox , adalah semacam penjara sementara yang sengaja di buat oleh Google untuk mencegah "kecurangan" situs2 baru yg misalnya menggunakan trik2 black hat SEO sehingga cepat bisa muncul di SERP (Seacrh Engine Result Page) atau karena ingin cepat-cepat masuk halaman 1 google sehingga melakukan optimasi SEO secara berlebihan seperti melakukan pembelian backlink secara membabi buta.

Sebagai akibat karena kurangnya pengetahuan masalah SEO dan teknik-tekniknya SEO mana saja yang tidak melanggar ketentuan SEO akhirnya blog yang sebelumnya sudah ke index google harus diletakkan ke Sandbox oleh google walau untuk search engine lain tidak melakukan hal ini, tetapi karena google adalah search engine yang dipakai sebagian besar pengguna internet otomatis bila sudah masuk sandbox akhirnya blog bersangkutan mengalami kendala berkembang kedepannya apalagi bagi yang baru menggelutinya.

Maka perlu kehati-hatian masalah optimasi SEO agar blog kita bisa berjalan sewajarnya dan tidak mengalami masuk sandbox. Jiika kita sudah hati-hati ternyata hal itu terjadi , maka langkah2 dibawah ini bisa dijadikan patokan untuk bagaimana caranya melakukan perbaikan. Sebab yang namanya masuk  sandbox secara otomatis situs kita tdk akan tampil di halaman pencarian selama kurang lebih antara 1- 6 bulan. BIsa dibayangkan traffik dan juga mungkin pendapatan akan jauh berkurang dari sebelumnya. Lain halnya jika anda mengunakan jasa iklan untuk menampilkan situs kita anda hanya saja anda harus mengeluarkan uang untuk bayar iklan baris.

Situs yang kena sanbox sudah pasti karena telah melanggar ketentuannya google, baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Oleh sebab itu penting buat kita agar selalu menjalankan "rule" yg telah di gariskan oleh si embah nya SE ini.
 
Berikut langkah-langkah : Cara keluar dari Sandbox Google

Langkah-langkah untuk mengetahui dimana salahnya lewat google webmaster sbb:
1. Cari pelanggaran yang sudah terjadi. Apa saja yang dianggap pelanggaran bisa dicari di http://www.google.com/webmasters
Atau coba lihat pengalaman webmaster lain disini :
http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=35769
2. Hilangkan semua pelanggaran tadi. misalnya Seperti duplicate title, meta description, error sitemap, dan lain-lain.Perbaiki blog anda. Kalau perlu hapus artikel yang sudah tidak mungkin diperbaiki karena terlalu banyak pelanggaran di kontennya.
3. Buat catatan pelanggaran apa saja yang pernah dilakukan dan segera diperbaiki.
4. Minta google mempertimbangkan kembali dengan meminta lewat dashboard webmaster tools dan lampirkan catatan anda tadi di point 3. Menu "Request reconsideration", ada disebelah kanan.
5. Biasanya anda akan mendapat balasan bahwa blog/website anda akan ditinjau dulu.

Kemudian periksa manual situs anda sbb :
1. Periksa link2 yg mungkin ada yg broken link
2. Struktur artikel yg mungkin terlalu rumit dan njlimet
3. Coba bikinkan sitemap, baik yg xml maupun yg HTML biasa
4. Non aktifkan dulu status dofollow
5. Periksa kata kunci yg mungkin ada yg kurang relevan dengan isi situs anda.
6. Periksa kemungkinan terdapat banyak duplikat` konten didalam situs kita. Atau coba di reset saja indexed pages lewat Google webmaster tool untuk menghindari duplicate konten
7. Periksa eksternal link yg mungkin terlalu berlebihan
8. Periksa kata kunci yg mungkin terlalu banyak dalam satu artikle atau yg sering disebut keyword stuffing

Kemudian langkah selanjutnya :
1. Terus menambah konten
2. Cari backlink dengan blog commenting ke situs ber PR bagus yg setema, jangan lupa juga ke blogspot , karena blogspot mudah sekali di indeks
3. Tetap submit artikel ke artikel submission , atau ke blog direktory seperti digg.com dll.

Terakhir....Jangan lupa, Google bukan satu-satunya search engine. Masih ada banyak search engine lain yang digunakan secara luas oleh masyarakat online, seperti MSN , Yahoo dan Alta Vista tidak memiliki kebijakan sandbox filter sehingga website baru akan dapat cepat terlisting dan segera mendatangkan traffic ke website walau search engine lain juga lain caranya membuat kreteria dan cara-cara membuat aturan SEO dengan google, yang penting kita maju terus jangan pernah putus asa bila terkena sandbox..

Sekian informasi mengenai :
Cara keluar dari Sandbox Google semoga bermanfaat.

4 komentar:

  1. Trims infonya sob. sangat bermanfaat untuk saya

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya

    BalasHapus
  3. blog ane juga yang pertamanya di pucuk urutan teratas sekarang entah kemana gak tahu dan trafik turun tajam. saya coba dulu tips sampean ya bro

    BalasHapus

Silahkan berkomentar untuk entry artikel di Blog Cinta, Pria dan Wanita