Belajar bisnis online

Belajar Bisnis Online - Sebelum masuk ke topik, sebaiknya anda
perlu juga menyamakan persepsi bahwa tujuan utama anda terjun ke dalam bisnis online
adalah untuk mencari duit tambahan dari internet atau bisa jadi
kedepannya jadi sumber utama penghasilan utama anda. Tapi
kebanyakan para pemula atau orang yang belum pernah mengenal
dunia bisnis internet menyatakan bahwa bisnis di internet adalah
suatu penipuan (scam) atau kebohongan belaka, kalau gitu sich
setiap orang yang mau tahu tentang bisnis internet atau internet
marketing bakalan bingung dan down duluan donk!!
Tapi menurut saya anda jangan dulu berpikiran demikian karena
dengan berani berjuang untuk mempelajari cara-cara dan trik-trik
yang bisa anda cari di om google atau yahoo dll mesin pencari
lainnya akan anda temukan banyak sekali informasi yang bisa anda
dapatin sehingga akhirnya kalau anda sudah paham dan tahu
jalannya maka anda akan berkata bahwa pernyataan mereka salah
dan tidak benar.
Kebanyakan yang mengeluarkan pernyataan seperti itu adalah para
internet marketer pemula yang gagal untuk meraup uang di internet
dan akhirnya menghentikan sama sekali mempelajari tentang internet
marketing. Sebenarnya saya juga pernah ngalamin yang kayak gitu,
gak dapet uang sama sekali dari bisnis online, gak kenal tentang
bisnis online, blogging, SEO, Pagerank, dan teman-temannya
sejenisnya yang berbau internet dan cari duit online.
Awalnya sih dulu iseng-iseng menemukan artikel yang sangat
menarik dan dari situ saya mulai timbul ketertarikan dengan internet
marketing. Dari situ mulai tahu tentang review produk bisnis online
lewat artikel blog, jenis-jenis bisnis online dan lain-lain. Tapi, ternyata
bisnis online memerlukan keahlian Internet Marketing. Dan saya tidak
nyangka bahwa Konsep Marketing di dunia nyata dan dunia online
berbeda sangat jauh sekali. Di dunia online, tidak ada bisnis online
yang membuat seeorang kaya mendadak, yang ada hanya
kekecewaan karena tidak berhasil mendapatkan duit sepeserpun dari
internet.
Lantas, apa sih penyebab kegagalan yang sering dialami Seorang
pemula ketika terjun pertama kali ke dalam bisnis online (termasuk
saya ketika pada awal-awal).
1. Mau yang Gampang, Mau Hasil Instant, tidak Mau Bekerja Keras
Ini adalah penyakit yang banyak menghinggapi sebagian besar orang
yang ingin terjun ke dalam bisnis online yang nggak jauh beda
dengan bisnis offline, mau langsung untung besar nggak bayangkan
bakal rugi atau gagal nggak tahan uji dan mental. Saya juga gak bisa
menyalahkan karena dunia bisnis online adalah dunia antah-berantah
yang seolah memasuki hutan belantara yang nggak ada jalan sama
sekali yang ada hanya batu-batu terjal, pohon-pohon rindang belum
lagi menghadapi hewan-hewan liar yang ganas yang seringkali
memanfaatkan ketidaktahuan seseorang untuk mengeruk
keuntungan sebesar-besarnya. Dengan mengandalkan sales letter
(kalimat penjualan) yang hiperbola, seorang yang tidak tahu akan
sangat mudah terhasut dan tertarik dengan tawarannya.
Hei Sob…Itu semua adalah sesat dan menyesatkan…jika ada bisnis
online yang menjanjikan bisa kaya dalam sekejap, itu Cuma bualan /
bohong besar , meskipun ada hanya keberuntungan, dan
keberuntungan tidak akan berlanjut terus dan kalau tidak diimbangi
kemampuan yang mumpuni akhirnya akan terdepak dan jatuh
terjerembab sendiri karena untuk menjadi kaya secara kontinyu,
harus memenuhi syarat Faktor Kunci Kekayaan.
Mau jadi kaya?? Ya harus sabar… Harus kerja keras…Harus kerja
cerdas.... Harus frustasi dulu... Harus terbentur-bentur dulu ( kecewa
berat ) dulu.
2. Cepat Menyerah dan Putus Asa
Berapa macam model bisnis internet yang saya ikuti dan saya jalani
eh..ternyata hanya jualkan produk orang lain ndak tahu gimana cara
mempromosikan dan ndak bisa dapat duit, akhirnya cari …model
yang lain. bingung lagi cara memasarkan…bolak-balik kesitu situ aja.
Hal ini yang pernah saya alami ketika pertama kali berani untuk
mencoba terjun ke dunia antah berantah bisnis internet. Gagal balik
modal, uang melayang sia-sia, kantong semakin tipis, mata bengkak
akibat sering begadang melototin komputer, sakit pinggang gara-gara
terlalu lama duduk…Wah, benar-benar pengorbanan deh.
Hasilnya…..GAGAL SEMENTARA….tapi ndak apa-apa, asal jangan
putus asa aja, karena kalo udah gagal trus putus asa, yang sudah
selesai cita-cita anda.
Ibaratnya seseorang yang saat ini berada di posisi Direktur Utama
dari sebuah perusahaan juga mengalami saat-saat dimana
mengalami kegagalan sementara pada waktu awal berkarir... tetapi
dengan bertambah pengalaman dan menghadapi permasalahan
perusahaan sehingga akhirnya dia bisa menduduki jabatan tinggi.
Kebanyakan orang yang melihat kesuksesannya bilang iya …dia Bos
di Perusahaan enak, gaji besar, fasilitas lengkap,tidak ada yang
berpikir bagaimana perjuangan dia yang telah dilakukan bertahuntahun.
Ya…didunia ini tidak ada yang INSTAN Bro..
3. Bingung... Mulainya Bagaimana dan Darimana??
Hingga saat ini saya mengalami yang namanya Kebanyakan
Informasi ( overdosis kali…he..he.. ) yang malah membuat saya
bingung. Saking banyaknya informasi tentang bisnis online akibatnya
tidak melakukan Action… kerjanya cuma baca…baca…dan baca…
Setelah baca… Bemimpi…. mimpi…mimpi jadi orang kaya.
Ya..sampai brtahun-tahun yan ndak ada kemajuan Hehehe..
Tapi ada hikmahnya…jadi kenal dunia blogging, SEO, Bisnis online,
Konsep Pemasaran Bisnis Online, Pagerank, Paypal, dan masih
banyak lagi. Setelah mengetahui celahnya, menjalankan bisnis online
sangat mudah dan menyenangkan. tinggal follow up, Rupiah
mengalir dengan sendirinya...otomatis…Punya banyak teman online
yang bisa sharing produk bisnis online.
Dalam dunia Bisnis Online dan Internet Marketing, kita bakalan
sering mendengar bagaimana menjual produk orang lain dengan
affiliate, memasang iklan dengan memanfaatkan Pay Per Click ,
bagaimana memanfaatkan social bookmarking dan network
bookmarking untuk meraih traffic, bagaimana melakukan On-Page
dan Off-Page SEO untuk memperoleh traffic gratis dari Om Google,
memasang Adsanse, memasang website dengan adword Bagaimana
meningkatkan Pagerank untuk mempopulerkan Blog, dan masih
banyak lagi yang lainnya.
Kenyataannya, banyak sekali yang harus dikerjakan dan pada
akhirnya kita bakalan bingung sendiri harus mulai darimana.
Terkadang kita akan ngomong ke diri sendiri: “ah entar aja deh saya
pelajari lagi, dah pusing kepala ini…”
Dan akhirnya…you know lah apa yang bakal terjadi…Yupz, tidak
akan terjadi apa-apa karena tidak ada action. Selamat deh…andaanda
bakal jadi patung selamanya karena ndak mau action, praktek
alias bekerja PKKL ( PRAKTEK KERJA LAPANGAN ).
4. Tidak Fokus…Kebanyakan Ikut Banyak Bisnis Online
Emang sih banyak banget penawaran macem-macem bisnis
online..dari mulai pay per click, pay to click, pay per action, pay per
lead, pay per review, affiliate, investasi online, bisnis pulsa, dan
teman-temannya yang sejenis. Jika anda tertarik dengan bujuk rayu
dan janjinya…bakalan ikutan semua deh,,,,,dan akibatnya ndak
fokus….ndak fokus….ndak fokus…karena terlalu kebanyakan bisnis
online yang diikuti. Bingung bagaimana cara promosinya….gak
dapet-dapet downline…jaringan bisnis gak berkembang ….gak punya
database pelanggan….tagihan internet jalan terus , akhir kata …kalo
kebanyakan ikut bisnis yang model-model, itulah jadinya akibat yang
mesti ditanggung ndak ada kemajuan.
Akibat ndak fokus dan terlalu banyak bisnis online yang anda ikutin,
akhirnya nglakuin Spamming ke ratusan email yang ndak pernah
dikenal. Nawarin bisnis ini…bisnis itu…promosiin link-link ID (Affiliate
Link) sampe 5 kali sehari. Ketahui lah BRO…kita gak bakal dapet
downline yang loyal jika cara-cara tersebut yang ditempuh. Memang
ada saja yang berhasil melakukan spamming ke ratusan email
memperoleh jutaan rupiah dengan sekali promosi. Tapi itu Cuma
keberuntungan sesaat, dan jarang terulang dan tidak memiliki
kontinuitas keuntungan.
Yang saya sarankan anda Cuma butuh fokus….fokus….fokus pada
satu macam bisnis online, tekuni….tekuni…tekuni…dan maka anda
akan menjadi Expert di bidangnya.
Wah kalo begini, ketahuan deh permasalahan kenapa banyak orang
yang takut menyelami dunia bisnis online dan internet marketing,
kenapa banyak internet marketer pemula gagal meraup uang lewat
internet. Akibatnya muncul suara-suara sumbang layaknya bisnis
MLM bagi yang paling bawah hirarkinya, hanya carikan duit orang
aja…Kenapa banyak orang yang apatis sehingga tidak bisa melihat
peluang dari bisnis online.
5. Kapok sekapok nya sehingga menghentikan sama sekali
Wah…ini yang paling bahaya karena kalau sudah kapok nggak
bakalan deh…nyentuh computer, bahkan timbul antipati, bikin
puyeng aja mending bisnis yang nyata saja atau biar saja
nganggur...yah..saya tidak menyalahkan anda kalau sudah ndak mau
menyentuh lagi yang namanya cari duit lewat internet.
Jadinya kalau buka computer ya hanya cari-cari berita di detik.com
lah…okezonelah…ndak ada yang lain lagi karena sudah jera.
Dan ini hampir saya alami, karena web kedua saya berhasil saya
onlinekan tepatnya tahun 2009 dengan susah payah ternyata ndak
ada pengunjung ( maklum ndak mau mempelajari SEO dan promosi
web lainnya, akhirnya saya promosikan dengan iklan berbayar dan
sudah banyak yang membeli, jadi saya pernah merasakan dapat duit
dari internat hanya saja saya jadi kecewa berat karena sangat sulit
agar web saya dikunjungi pengunjung tanpa tahu ilmu SEO.
Anda bisa tebak apa yang terjadi selanjutnya, saya jadi ndak ambil
pusing dengan cari duit di internet,….hampir 1 tahun lebih web saya
saya sia-siakan ndak pernah saya buka,…bahkan sampai habis
sewa hosting..untung ndak ada yang ngambil domain web saya
tersebut…padahal bener-bener produk orisinil….
Akhirnya yang repot juga saya, saya harus beli domain lagi, harus
buka-buka file script saya ( hampir 2 minggu bila pulang dari kantor
saya belajar lihat-lihat lagi ..pokok pusing ), maklum file yang di
hosting sudah di delete pihak yang menyewakan hosting…dan saya
telah menyia-nyiakan separuh waktu saya untuk bisa…terjun di
internet marketing.
Tapi tak apalah pengalaman adalah guru paling berharga..kenapa
saya ceritakan ini pada anda, maksud saya tidak lain agar anda tidak
mengalami seperti saya, baru dapat setengah jalan…berhenti..STOP
itu semua…!!!
Sekain mengenai : Belajar Bisnis Online

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk entry artikel di Blog Cinta, Pria dan Wanita